SELAMAT DATANG DI ONCOM DOWNLOAD!!! Dampak Penggunaan Internet Bagi pelajar ~ Oncom_Download

Sabtu, 02 Oktober 2010

Dampak Penggunaan Internet Bagi pelajar

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang penelitian

Sekarang kita hidup di era globalisasi ,yaitu proses masuknya segala sesuatu kedalam lingkup dunia tanpa pembatas .salah satunya dalam bidang komunikasi dan informasi , contohnya adalah internet.
Sekarang internet sudah menjadi makanan sehari hari bagi masyarakat ,maupun bagi para pelajar, karena internet marupakan salah satu sarana komunikasi yang cepat, akurat dan mendunia ,artinya internet tidak dibatasi oleh waktu dan tempat ,di mana saja kapan saja kita bisa mendapatkan informasi .
Hal inilah yang membuat banyak orang gemar menggunakan internet terutama para pelajar .namun internet juga mempunyai dampak positif dan negatif bagi para pelajar .
Dampak positif ,di zaman moderen dan di era serba instant ini siswa dituntut untuk berpikir kreatif dan cekatan. Oleh sebab itu internet banyak disukai pelajar sebab mereka dapat dengan mudah mendapatkan informasi ,yang mereka butuhkan.
Dampak negatif, mereka menjadi anak yang pemalas ,dalam artian mereka hanya duduk diam didepan komputer sehingga kurang berinteraksi dengan likungan sekitar mereka, dan siswa menjadi kurang berfikir kreatif , dapat pula merusak moral para siswa ,contohnya banyak sekali situs porno yang masih beredar luas di internet, oleh sebab itu orang tua wajib memantau anaknya apabila sedang menggunakan internet.
Dan saya berharap dengan adanya penelitian ini dapat membantu orangtua ,guru,murid dan pembaca dalam menyikapi dampak dari,internet bagi para siswa .

BAB II

2.1 PENGERTIAN INTERNET
Istilah internet tentulah sudah tidak asing lagi bagi kita. Istilah tersebut sering kita jumpai, baik melalui media cetak, maupun media elektronik.
Istilah internet sendiri sebenarnya merupakan. Singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Dengan denfinisi tersebut internet adalah, gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
2.2 SEJARAH INTERNET
Perkembangan internet diawali dengan dibangunnya jaringan ARPANET (ARPA= Advance Research project Agency) pada tahun 1969.jaringan tersebut semula hanya beranggotakan beberapa komputer di beberapa universitas di Amerika Serikat, seperti University of California-Los Angeles dan Stanford Research Institute . selanjutnya, masih di tahun yang sama , bergabunglah University of utah dan university of California-Santa Barbara sebagai anggota jaringan . di awal perkembangannya ,jaringan tersebut hanya di gunakan khusus oleh kalangan akademik (pendidikan/universitas) dan militer .
Istilah internet sendiri muncul sekitar tahun 1983 dengan di temukan protocol TCP/IP (Transmissin Control Protocol/Internet protocol) yang memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan, jaringan itu. Protocol TCP/IP mampu menyatukan beberapa sistem jaringan berbeda.
Teknologi WWW(World Wide Web) juga memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan internet, bahkan sekarang ini internet hampir disamaartaikan dengan www. Sebenarnya keduanya berbeda. Teknologi www atau sering disingkat web ini memungkinkan pertukaran informasi multimedia (Audio,Visual,Movie) melalui internet.

Dalam perkembangannya, penggunaan internet yang semula dimonopoli oleh kalangan akademik(peneliti tingkat universitas) dan militer akhirnya memungkinkan masyarakat umum dan para pelajar yang masih duduk di sekolah dasar, sampai sekolah menengah atas dapat menikmatinya.
Oleh karena fasilitas dan keperaktisan, jumlah pengguna internet semakin bertambah seiring berjalanannya waktu dan berkembang nya teknoklogi tersebut. Sekaranga ini sudah ratusan juta pengguna yang menikmati fasilitas internet di seluruh dunia.

2.3 Fungsi Internet Bagi Para Pelajar

Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi,penyedia informasi,dan fasilitas untuk promosi.Internet dapat menghubungkan pelajar dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia.
Misalnya pelajar bisa mengirim data atau surat kepada guru atau kepada sesama pelajar diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).
Selain fasilitas Electronic mail, internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting. Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topik melalui bulettin elektronik, dua fungsi tersebut sangat menujang aktifitas pelajar yang aktif dan suka berdiskusi tetapi mempunyai waktu luang sedikit.
Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,sehingga para pelajar dapat meneliti ribuan data base atau hahal berhubungan tentang pelajaran di sekolah,contohnya pelajar, bisa mendapatkan dan mengetahu isi buku pelajaran atau yang lebih terkenal dengan sebutan buku elektronik sekolah yang di sediakan pemerintah secara gratis dan terbuka untuk umum.
Tetapi ada sebagian orang yang menyalah gunakan fungsi intrernet, mereka menggunakan internet sebagai ajang berbuat kejahatan ,kejahatan di internet sering disebut sebagai cybercrime.

BAB III


3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan hasil penelitian yang kami lakukan selama ini, serta didukung oleh penjelasan yang telah di uraikan. Maka kami dapat menguraikan kesimpulan bahwa:
1. Definisi INTERNET : internet merupakan hubungan berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protocol standar dalam berkomunikasi yaitu protocol TCP/IP.
2. Sejarah internet: internet telah di kembangkan sejak tahun 1969 sampai dengan sekarang.
3. Fungsi Internet Bagi Para Pelajar : Sebagai alat komunikasi, dan informasi modern yang sangat berpengaruh dalam kegiatan pelajar.
4. Keuntungan dan kerugian internet bagi para pelajar : internet lebih banyak memiliki keuntungan dibandingkan dengan kerugian, yang dimiliki internet.
5. Dampak positif dan dampak negatif internet bagi pelajar :Dampak positif dan dampak negatif dari internet kembali kepada masing masing pelajar bagaimana mereka menggunakan fasilitas internet .

3.2 Saran
Melihat begitu banyak orang dan pelajar yang menggunakn fasilitas internet sebagai alat komunikasi dan informasi, bahkan sudah menjadi makanan sehari- hari, kami ingin memberikan saran kepada para pelajar gunakanlah internet dengan sebaik baiknya,dan tetaplah hati hati dalam menyikapi informasi yang tersaji dihadapan anda. Untuk para guru dan orang tua, tetap awasi, dan bekalilah murid atau anak anda dengan ilmu dan tata cara penggunaan internet yang baik.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.